Motor Baru All New Honda MegaPro? Ini Prediksinya…

Standard

Pada Januari 2014 lalu, Honda merilis update untuk lini motor sport tipe Megapro dengan tambahan teknologi Fuel Injection, mesin baru, perbaikan rangka dan beberapa visual change salah satunya seperti shroud.

regenade-red-back-view

Meski banyak part Honda Megapro FI bisa dibilang baru, tapi secara fisik tidak banyak perubahan yang bisa dilihat. Lalu kapan dan seperti apa dong major changenya? Yuk kita coba lihat kemungkinannya!

Honda Megapro mengambil desain dari saudaranya di India yang bernama Honda CB Dazzler. Lalu Honda CB Dazzler sendiri di India sudah discontinue dan digantikan oleh Honda CB Trigger.

Nah, sudah jelas kan? Ada kemungkinan model Honda All New Megapro itu seperti CB Trigger! Ayo bahas calon pengganti Honda Megapro ini!

KEMUNGKINAN DESAINNYA

Desain Honda CB Trigger tidak meninggalkan sisa dari Honda Megapro FI, desain all new nya terlihat lebih kekar dan proporsional.

CB_TRIGGER_DepanCB_TRIGGER_BelakangCB_TRIGGER_Samping

Untuk versi Indonesia, sepertinya Honda All New Megapro akan tetap menggunakan step model gantung untuk boncenger di belakang. Karena menggunakan basis rangka Honda Megapro FI.

9003393561_09367817e4_b 9003393563_fa23e8356d_b

Bentuk headlamp tidak lagi meninggalkan kesan “kegedean”

KEMUNGKINAN MESINNYA

9004576516_770afb8262_b

Kemungkinan mesin Honda All New Megapro akan tetap menggunakan mesin 150cc PGM-FI warisan dari Verza/Megapro FI dengan tenaga 13,3PS.

Mesin asli dari CB Trigger memiliki tenaga 14PS, bisa jadi ini hasil tweak dari mesin Verza/Megapro FI.

KEMUNGKINAN FITURNYA

*Honda Megapro tentunya seperti generasi sebelumnya, akan hadir dengan dua tipe. Tipe entry level dan tipe full spec.

CBS (COMBI BRAKE SYSTEM)

Kalau benar, pabrikan pesaing harap-harap cemas nih. Karena teknologi CBS yang dipakai di CBR 250R Thailand akan mampir ke mid level sport bike!

9003398215_0af666242c_b

Bagi kawan-kawan yang kurang familiar, CBS adalah sistem pengereman melalui satu tuas yang akan mengaktifkan rem depan dan belakang secara bersamaan dengan persentase berbeda (bisa aktif rem belakang 70% plus rem depan 30% atau saat tuas ditekan habis bisa 100% rem belakang plus 30% rem depan). Biasanya tuas yang digunakan adalah tuas rem belakang.

Tidak hanya lebih aman, adanya CBS menjadikan Honda All New Megapro/CB Trigger motor sport mid end pertama di Indonesia dengan teknologi seperti ini. Maka valuenya akan semakin terdongkrak di mata konsumen!

Kemungkinan di masa mendatang semua jajaran motor sport Honda akan diberikan fitur CBS.

9004579992_b7e9b07b79_b

Prediksi Honda All New Megapro tipe entry level akan menggunakan velg jari-jari dan rem belakang tromol tanpa teknologi CBS.

Lampu Belakang LED

Lagi-lagi fitur yang bisa menaikkan value! Sebenarnya Honda sudah pernah menggunakan LED di lampu belakang. Ingat Honda Tiger Revo kan? Lampu belakangnya sudah LED lho!

Langkah ini sangat tepat dan Honda sepertinya ingin supaya pesaing pabrikan lain di cap sebagai “pengekor”.

9003395253_3aac1f8cc7_b

Prediksi Honda All New Megapro entry level akan menggunakan bohlam biasa.

DASHBOARD FULL DIGITAL

Kemungkinan Honda All New Megapro akan menggunakan dashboard full digital, tidak kombinasi seperti generasi sebelumnya.

Pembeda dengan Honda CB Trigger adalah hadirnya magnetic key shutter, juga tanpa tombol choke seperti gambar di bawah.

9004580292_534aa79268_b

Prediksi Honda All New Megapro entry level akan menggunakan warna backlight berbeda dengan tipe full spec. Mungkin warna oranye untuk tipe entry level dan biru untuk tipe full spec.

PANEL INSTRUMEN

9004579076_1dc32c99b6_b

Sepertinya panel instrumen All New Honda Megapro akan tetap menggunakan milik Honda Megapro FI.

PILIHAN WARNA

Saat ini Honda CB Trigger memiliki 3 pilihan warna yaitu, hitam, hijau ‘meteor’ metalik dan merah.

Sepertinya untuk versi Indonesia, warna hijau ‘meteor’ metalik akan diganti dengan warna yang lebih ‘normal’ seperti biru, putih atau silver.

triggercolors

KESIMPULAN DARI KEMUNGKINAN-KEMUNGKINANNYA

Sampai saat ini Honda Megapro bertarung dengan Yamaha Byson, desain sepertinya menjadi poin utama bagi konsumen dalam memilih motor.

Berdasarkan data AISI Februari 2015, penjualan Yamaha Byson sukses membuat Honda Megapro gigit jari. Yamaha Byson bertengger di angka 1246 unit dan Honda Megapro di angka 991 unit.

Seandainya Honda mengeluarkan All New Megapro dengan desain seperti Honda CB Trigger, pastinya Yamaha bisa kembali ditekuk oleh Honda.

Kemungkinan Honda All New Megapro  akan dihargai Rp.21.750.000 – Rp. 22.500.000,-

Lalu, kemungkinan ada penamaan yang berbeda juga. Entah namanya akan tetap Megapro atau Megapro Trigger atau tanpa Megapro sama sekali…

Tapi ya…kita lihat saja kenyataannya di lapangan. Toh ini hanya sekedar prediksi…

*gambar diambil dari motobeam.com

http://www.motorbeam.com/2013/06/bikes/honda-cb-trigger/honda-cb-trigger-test-ride-review/

Leave a comment